Tips Menghemat Bandwidth Internet


Di postingan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menghemat bandwidth internet. Bagi pengguna internet rumahan seperti speedy atau pengguna usb modem yang menggunakan quota bandwidth atau volume based.

Bagaimana caranya? Akan kita bahas satu per satu.

  • Mematikan setting Update Automatic
  • Non aktikan fungsi load images dan sound
  • Install Add-ons Adblock Plus
  • Menggunakan Web mail yang support AJAX
  • Menggunakan Program kompresi image seperti toonel
  • Gunakan satu browser saja
  1. Mematikan setting Update Automatic. Mematikan settingan Update Automatic pada Windows, Antivirus maupun Software yang lain dan pindah ke settingan manual update. Karena ada beberapa program yang kita install melakukan download update secara automatis.
  2. Non aktifkan fungsi load images dan sound. Melakukan browsing ke suatu situs dan hanya membutuhkan info text saja di situs tersebut kamu bisa menonaktifkan fungsi untuk load image dan sound. Untuk Firefox : Tools > Options > Content. Untuk IE : Tools > Internet Options > Advanced
  3. Install Add-ons Adblock Plus. Plug in ini berfungsi untuk memblok iklan yang muncul di suatu situs. Untuk Firefox kamu bisa menginstall add-ons Adblock plus (Download di sini) add-ons firefox ini mampu memblok iklan gambar dan iklan flash.
  4. Menggunakan Web mail yang support AJAX. Gunakan layanan email yang support AJAX dimana tampilan bekerja efesien sehingga data yang kita download lebih kecil. Web mail yang support AJAX antara lain Gmail dan Yahoo mail dengan versi baru.
  5. Menggunakan Program kompresi image seperti toonel. Dengan program ini data akan dikompres terlebih dahulu sebelum masuk ke komputer kita. Kamu bisa download di sini.
  6. Gunakan satu browser saja. Misal kamu mau menggunakan Firefox, gunakanlah Firefox saja jangan beralih ke yang lain. Karena setiap browser mempunyai cache sendiri. Jika kamu membuka situs yang sudah pernah kamu kunjungi, maka browser tersebut tidak akan mendownload seluruh data lagi. Karena sebagian data sudah tersimpan di browser komputer kamu berupa cache.

Sumber : http://finderonly.com




    Tinggalkan komentar