Barack Obama Kritik Pelarangan BlackBerry di Arab


Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengkritik pemerintahan United Arab Emirated (UAE) yang akan melarang penggunaan ponsel pintar BlackBerry.

Sementara itu juru bicara luar negeri AS, PJ Crowley mencatat kebijakan yang dilakukan UAE ini dinilai berbahaya karena sudah membatasi kebebasan informasi.

“Kamu sudah berkomitmen akan mempromosikan arus informasi bebas,” jelas Crowley dalam sebuah pernyataan resmi melalui Toronto Globe dan Mail. “Kami pikir BlackBerry dapat menjadi bagian dari integral ekonomi yang inovatif,” imbuhnya.

Namun demikian, pihak berwenang Emirat mengklaim bahwa larangan tersebut dilakukan berdasarkan permintaan keamanan yang sah, menyangkut data BlackBerry yang secara rutin ditransfer ke server RIM di luar negeri.

Keprihatinan UAE ini sebenarnya beralasan. Mengingat RIM memang belum membangun server di tiap negara. Dengan demikian pemerintah UAE mengaku tidak dapat memonitor atau membatasi akses data keluar.

Sementara itu, RIM tetap meyakinkan pelanggannya dan berkomitmen memberikan layanan yang sangat aman dan produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah pasti memiliki sumber daya dan metodologi untuk memenuhi keamanan nasional dan penegakan hukum yang diperlukan tanpa mengorbankan kebutuhan keamanan komersial. Apalagi perusahaan asal Kanada itu menerangkan kalau jaringannya sudah diatur sedemikian rupa, sehingga tidak ada seorangpun termasuk RIM yang bisa mengakses data pelanggan yang sudah terenkripsi.

Terang saja, rencana pelarangan penggunaan BlackBerry di Uni Emirat ini memicu badai kontroversi di negara Timur Tengah itu. “Saya pikir ini adalah sebuah langkah besar. Semua negara-negara maju di dunia memilikinya (BlackBerry, Red). Mengapa demikian?”, tanya Maisoon al-Iskandarani (24), seorang pengguna BlackBerry di Arab yang juga karyawan sebuah bank internasional di Dubai. Ia juga menambahkan kalau penggunaan BlackBerry sangat membantu dirinya tetap terhubung dengan klien dan para kolega.

Sumber : http://www.infokomputer.com




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: